NASKAH ID - Jurusan Manajemen Pemasaran adalah salah satu program studi yang mempelajari cara-cara untuk memasarkan produk atau jasa secara efektif kepada pelanggan.
Program ini menggabungkan konsep bisnis dan pemasaran untuk membantu siswa memahami strategi untuk membangun merek, menentukan target pasar, mengembangkan dan melaksanakan kampanye pemasaran, mengukur keberhasilan kampanye, dan menganalisis tren pasar.
Kurikulum jurusan Manajemen Pemasaran biasanya mencakup berbagai topik, seperti penjualan dan pemasaran, riset pasar, perilaku konsumen, manajemen merek, analisis kompetitif, analisis kinerja pemasaran, dan strategi pemasaran digital.
Lulusan jurusan Manajemen Pemasaran dapat mengejar karir sebagai manajer pemasaran, analis riset pasar, manajer merek, manajer produk, konsultan pemasaran, analis media sosial, dan berbagai posisi di bidang pemasaran digital.
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah kumpulan alat-alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Ada empat elemen yang termasuk dalam bauran pemasaran, yaitu:
Produk: Elemen ini mencakup semua hal tentang produk atau jasa yang ditawarkan, seperti kualitas, desain, merek, dan fitur. Pada elemen ini, perusahaan berusaha memahami kebutuhan konsumen dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Harga: Elemen ini mencakup penetapan harga yang sesuai dengan target pasar, termasuk harga jual, diskon, dan strategi penetapan harga. Harga juga memperhitungkan biaya produksi, keuntungan, dan daya saing pasar.
Promosi: Elemen ini mencakup semua bentuk promosi atau komunikasi yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen. Promosi dapat berupa iklan, promosi penjualan, publisitas, dan pemasaran langsung.
Tempat: Elemen ini mencakup strategi distribusi dan penempatan produk, seperti lokasi toko, rute distribusi, dan kanal distribusi. Tujuan dari elemen ini adalah memastikan produk atau jasa dapat tersedia dan mudah dijangkau oleh konsumen.
Baca Juga: 25 Contoh Judul Skripsi Manajemen SDM, Fokus Penelitian Pariwisata Lokal
Sebelum meraih gelar sarjana S1, mahasiswa di jurusan ini harus menyusun sebuah Judul Skripsi Manajemen pemasaran Tentang Digital Marketing. Dalam menyusun skripsi ini ada banyak variabel dan metode penelitian yang dapat digunakan.
Dalam satu skripsi, biasanya penyusun skripsi menggunakan setidaknya dua variabel. Untuk menentukan judul, pada skripsi manajemen ini ada banyak sekali pilihannya.
Artikel Terkait
30 Contoh Judul Skripsi Bahasa Inggris Berbagai Macam Topik: Reading, Listening, Writing dan Lainnya
Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Inggris, Tinggal Copy Paste dan Edit Sesuai Topik Penelitian